Pemkot Ternate Terima Sertifikat Penghargaan dari Kemenkes RI

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dan sejumlah Wali Kota di Indonesia saat menerima sertifikat penghargaan dari Kemenkes RI, Selasa 21 Februari 2023.(Istimewa).
Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dan sejumlah Wali Kota di Indonesia saat menerima sertifikat penghargaan dari Kemenkes RI, Selasa 21 Februari 2023.(Istimewa).

Beritadetik.id – Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara dinobatkan sebagai kota bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan berupa Sertifikat Eradikasi (pemberantasan) Frambusia dan Sertifikat Eliminasi Filariasis diterima dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Sertifikat penghargaan itu diserahkan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin kepada Wali Kota Ternate M.Tauhid Soleman, pada acara peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) Sedunia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, jalan Pintu 1 TMII, Jakarta Timur, Selasa, 21 Februari 2023.

Wali Kota Ternate Tauhid Soleman menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah memberikan penghargaan tersebut.

“Pemberian Sertifikat Bebas Frambusia ini mudah-mudahan bisa memberikan motivasi dan terus dipertahankan Kota Ternate bebas Frambusia,”ucapnya.

Dirinya mengatakan Frambusia adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum pertenue. Infeksi ini biasanya terjadi di negara wilayah tropis.

Frambusia dikenal juga sebagai frambesia tropica atau patek. Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung dengan ruam pada kulit yang terinfeksi.

Pada awalnya, frambusia hanya akan menyerang kulit. Namun, seiring berjalannya waktu, penyakit ini juga dapat menyerang tulang dan sendi.

Orang nomor satu di Pemkot Ternate itu meminta semua pihak untuk pentingnya mempertahankan Ternate bebas Frambusia.

Sebab, menjaga kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan yang berwawasan lingkungan di masyarakat.

Terkait itu, Dinas Kesehatan dengan masing-masing Puskesmas perlu aktif dapat memonitoring dan evaluasi, karena ini adalah sebagai upaya meningkatkan kondisi derajat kesehatan masyarakat.

Sembari berjanji Pemerintah Kota Ternate akan dapat mempertahankan hal baik ini dan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan seperti bantuan kesehatan masyarakat.

“Salah cara adalah melengkapi sarana fasilitas kesehatan yang memadai dan mudah dijangkau oleh masyarakat Kota Ternate,” pungkasnya.(ian/red).

Peliput : Alfian Hattari
Editor   : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *