IPM Halmahera Barat Masuk Urutan 8 Terendah Dari 10 Kabupaten Kota di Maluku Utara

Kepala BPS Kabupaten Halmahera Barat, Nurhidayat Masihat saat diwawancarai wartawan di Kantor Bupati Halbar, Kamis 9 Februari 2023.(Foto : Ilyas/beritadetik.id).
Kepala BPS Kabupaten Halmahera Barat, Nurhidayat Masihat saat diwawancarai wartawan di Kantor Bupati Halbar, Kamis 9 Februari 2023.(Foto : Ilyas/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Halmahera Barat tahun 2022 masuk urutan ke-8 terendah dari 10 Kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Halmahera Barat, Kamis (9/2/2023).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Halmahera Barat, Nurhidayat Masihat mengatakan IPM Halbar Tahun 2022 mencapai 886,2 poin.

Bacaan Lainnya

Indeks Pembangunan Manusia Menurut Kabupaten/Kota 2020-2022

Menurut dia angka tersebut sedikit meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 65,56 poin.

Indikator mengukur tingkat Indeks Pembangunan Manusia ini sendiri meliputi Standar Hidup Layak dan pendapatan perkapita, aspek kesehatan dan pendidikan.

“Melalui forum ini, bisa menjadi bahan diskursus untuk memboboti perencanaan kedepan,”katanya.

Dia berharap lewat forum ini, IPM bisa mengakselarasi ketertinggalan yang masih di bawa rata-rata provinsi tercatat 69,27%.

Selain catatan IPM yang di sampaikan, Nurhidayat juga mengharapkan kepada Stakeholder terkait (Pemangku Kebijakan) agar lebih memperhatikan Partisipasi Pendidikan Masyarakat.

Selain itu akses pelayanan masyarakat dan peningkatan daya beli masyarakat, sebab, dengan cara tingkatkan pendapatan masyarakat akan memicu naiknya IPM itu sendiri.(nia/red).

Penulis : Rusnia Dale
Editor    : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *