Catat! Persyaratan yang ditetapkan KPU dan Kisi Wawancara PPS Pemilu 2024, Lengkap dengan Poin Penilaian

foto: (ilustrasi).
foto: (ilustrasi).

Beritadetik.id – Pasca tes CAT, giliran tes wawancara calon anggota PPS atau Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bakal segera digelar.Tak perlu risau, dalam artikel ini terdapat kisi-kisi tes wawancara calon anggota PPS Pemilu 2024.

Agar mendapat gambaran, simak bocoran atau kisi-kisi tes wawancara calon anggota PPS Pemilu 2024 dalam artikel ini.  Sebelum tes wawancara berlangsung, panitia seleksi calon PPS Pemilu 2024 lebih dulu merilis hasil tes tertulis pada 12 Januari 2023.

Sambil menunggu pengumuman tes tertulis, peserta seleksi calon PPS bisa langsung mempelajari kisi-kisi tes wawancara.Kalian harus selalu optimis, bahwa kalian bisa berlanjut hingga penetapan dan pelantikan anggota PPS.

Bacaan Lainnya

Di mana, setiap peserta wajib memperoleh status memenuhi syarat (MS) dalam setiap tahapan seleksi untuk bisa ditetapkan sebagai PPS. Kedepannya, anggota PPS yang lolos bakal ditempatkan di wilayah kerja, yaitu kelurahan dan desa untuk melaksanakan tugas pemungutan suara Pemilu 2024.

Menilik pasal 15 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022, PPS dibentuk paling lambat 6 bulan sebelum penyelenggaraan Pemilu. Pasal yang sama pun mengatur bahwa PPS akan dibubarkan paling lambat 2 bulan setelah pemungutan dan/atau pemungutan suara ulang.

Bila dalam situasi tertentu dilakukan pemungutan serta penghitungan suara putaran kedua, masa kerja PPS diperpanjang menjadi paling lambat 2 bulan pasca pemungutan suara putaran kedua.

Jadwal Tes Wawancara Anggota PPS Pemilu 2024 Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anggota PPS Pemilu 2024 akan melaksanakan tes wawancara pada 15-17 Januari 2023.

Jadwal tes wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berlangsung pada 15-17 Januari 2023.

Jadwal wawancara masing-masing peserta nantinya bakal diumumkan sebelum pelaksanaan tes dimulai.Berdasarkan informasi yang tercantum di website KPU, berikut ini jadwal seleksi anggota PPS Pemilu 2024:

Kisi-kisi tes wawancara anggota PPS Pemilu 2024 tercantum dalam Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022 tentang materi seleksi wawancara.

Berikut ini kisi-kisi tes wawancara calon anggota PPS Pemilu 2024 yang bisa dipelajari peserta:

– Pengetahuan kepemiluan;

– Komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas;

– Rekam jejak calon anggota PPS;

– Klarifikasi tanggapan dan masukan masyarakat.

Masih merujuk pada Keputusan KPU yang sama, wawancara PPS dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota.

Hasil wawancara nantinya pun bakal dinilai oleh petugas KPU Kabupaten/Kota yang berwenang dengan mempertimbangkan tanggapan dan masukan masyarakat setempat.

Selain itu, dapun poin penilaian yang akan ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota dalam mempertimbangkan calon PPS Pemilu 2024 antara lain:

1. Pengetahuan kepemiluan (skor 0-100), terdiri dari:

– Teknis Penyelenggaraan Pemilu.

– Kelembagaan Penyelenggara Pemilu.

– Pengetahuan Kewilayahan.

2. Komitmen (skor 0-100), terdiri dari:

– Integritas.

– Profesionalitas.

– Loyalitas.

– Visi.

3. Rekam jejak (skor 0-100), terdiri dari:

– Riwayat Pengalaman Kepemiluan.

– Riwayat Pengalaman Organisasi.

– Riwayat Pengalaman Kerja.

– Riwayat Pendidikan.

Demikianlah ulasan tentang kisi-Kisi pertanyaan tes wawancara PPS Pemilu 2024, lengkap dengan poin penilaian yang ditetapkan KPU. (*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *