Pemkot Ternate Temukan 25 Titik Mata Air Baru

M. Syarif Tjan.
M. Syarif Tjan.

Beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternate (Pemkot) Ternate belum lama ini menemukan 25 titik lokasi mata air yang bakal optimalkan untuk meningkatkan produksi air bersih bagi masyarakat.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (DLH) Kota Ternate, M. Syarif Tjan mengatakan, upaya menjaga keseimbangan sumber mata air, DLH melakukan hasil identifikasi sumber air potensial di Kota Ternate dapat ditemukan 25 titik lokasi sumber air.

“25 titik tersebut sumber mata air belum tersentuh bahkan terbengkalai dan selama ini dibiarkan begitu saja,”katanya, Senin (2/1).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dari 25 titik sumber mata air ini sebagian besar memang berada di lahan milik masyarakat sebab itu, meminta upaya konservasi untuk minta izin.

Menurut upaya konservasi adalah menanam pohon seperti pohon sagu, pohon kenau, pohon rentri dan juga pohon kenari sehingga bisa melindungi air.

“Persoalan pembebasan lahan saya kira konservasi bisa berjalan kalau ada upaya pembebasan lahan di 25 titik sumber air,” terangnya.

Lebih lanjut, dari 25 sumber mata air tersebar baik Ternate Barat, Ternate Utara, Ternate Tengah, Ternate Selatan, Moti dan Batang Dua.

Dikatakan kendala yang dihadapi saat ini  hanya masalah pembebasan. Terkait dengan itu, Dinas Perkim harus mendesain perencanaan untuk melakukan pembebasan lahan.

“Konservasi tidak serta-merta dilakukan DLH, walaupun berkelanjutan harus dibentuk sadar lingkungan setiap kelurahan untuk mereka kelola biar berjalan bagus dan perlu ada peranan lurah agar menjaga areal sekitar,”bebernya.

Syarif juga menuturkan, ke 25 titik sumber mata tra itu, satu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat kelurahan Tanah Tinggi Barat yakni mata air Ake Lahi lingkungan Maliaro kecil telah dimanfaatkan 9 rumah dana 1 masjid.

“Ini juga menjadi masukkan PDAM Ake Gaale Kota Ternate untuk mencoba memanfaatkan karena tidak butuh energi hanya dibuat bak penampungan lalu dialirkan secara gravitasi,”katanya.

Dijelaskan 25 sumber mata air yakni, Ake sako Tubo, Ake lisbet Jati, Ake Lahi/ air lobang dua Tanah Tinggi Barat lingkungan Maliafo kacil, Ake hula Fitu, Air tege tege Tongole, Air Balanda Marikurbu, Air guraxi Marikurubu, air Ake abdas Marikurubu.

Selain itu ada juga di Ake Monge Afe Taduma, Ake sell Rua, Ake Ganefo Taduma, Ake sonoto Rua, Ake Ngade Sone perbatasan koloncucu kasturian, Ake Santosa, Ake Gaale,
Ake sahu Tobololo, Ake lahi Kedaton Ici, Ake Bobo, Ake diahi, Ake Loto, Ake lantuhu Maliaro.

“Sedangkan 2 kecamatan terluar Moti dan Batang Dua diantaranya, Ake Boki Tadenas Moti, Ake kananga Tadenas, Ake huda Tadenas, Ake Tafaga Ake Mayau,”pungkasnya.(ian).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *