Bahas Perbatasan Malut di Aula Salahuddin Halmhahera Tengah, Kemendagri Turut Hadir

Foto Bersama. (Istimewa).

Beritadetik.id – Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengelolaan wilayah perbatasan Provinsi Maluku Utara di helat di Aula Hi. Salahuddin Bin Talabuddin Kabupaten Halmahera Tengah, Kamis, 20 September 2022.

Rapat tersebut dihadiri Staf Khusus Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Dr. Hoiruddin dan Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat BNPP Dr Asnil  Hasibuan sebagai narasumber.

Hadir membuka pertemuan tersebut yakni Bupati Halmahera Tengah diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Arief Jalaluddin.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut Arief menyebutkan, terkait isu-isu terkini tentang wilayah di daerah perbatasan tentu dijadikan sebagai beranda terdepan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dan hasil pertemuan ini pastinya akan menjadi bahan rekomendasi yang akan diangkat ke level selanjutnya,”katanya.

Sehingga lanjut Arief, forum itu pihaknya jadikan sebagai ruang intelek untuk memadukan pola pikir dan pola tindak yang sinergis khususnya pengelolaan kawasan perbatasan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di setiap perbatasan.

Ia juga menyatakan dari pihak Kementerian, BNPP dan BPPD Provinsi Maluku Utara jangan hanya mengadakan pertemuan tetapi bisa terjun lapangan.

“Mengkonsolidasikan daerah- daerah perbatasan di wilayah Maluku Utara atas permasalahan maupun program-program strategi harus di gagas bersama,”harapnya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Provinsi Maluku Utara Omar Faujy, dalam kesempatan itu pun menyampaikan.

“Rakor ini diharapkan menjadi forum koordinasi antara Perangkat Daerah Provinsi Maluku Utara Kabupaten Halmahera Tengah dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan, “pungkas dia.

Dikatakan, para narasumber dari Staf Khusus Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan Darat Kemendagri, dan Asisten Deputi Potensi Kawasan Perbatasan Darat BNPP akan memberikan gambaran secara keseluruhan tentang pembangunan perbatasan.

“Jadi para undangan dan hadirin sekalian dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan secara serius rapat koordinasi ini,”akunya.

Sembari berharap bahwa ciptakan koordinasi serta kolaborasi yang baik diantara Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah dan seluruh pemangku kebijakan untuk mendorong kawasan perbatasan yang lebih maju. (red).

Editor : Darmawan J

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *