Kemenparekraf RI Dorong Kampung Foramadiahi Ternate Jadi Destinasi Unggulan

Dinas Pariwisata Ternate saat Bersama dengan Rumah Sandiaga Uno Indonesia (RSI), Selasa, 13 September 2022. (Fian/Beritadetik.id).

TERNATE, Beritadetik.id – Kampung Tua di Kelurahan Foramadahi, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Maluku Utara, menjadi pilihan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) Republik Indonesia, sebagai destinasi wisata religi Nasional.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Rumah Sandiaga Uno Indonesia (RSI), Sani A.Irsan, bahwa kawasan destinasi di Kota Ternate memiliki sejarah panjang yang perlu diketahui dan dipublikasikan ke seluruh Indonesia.

“Salah satu tempat yang menjadi bidikan Rumah Sandiaga Uno Indonesia (RSI) ialah kawasan distinasi wisata di Kampong Tua, Foramadahi, Ternate Pulau. Dan itu adalah pilihan Kementerian Pariwisata, “ungkap Sani.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, Kampung Tua bakal difasilitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023 mendatang untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi warga di daerah setempat.

“Saya suda melakukan usulan ke Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, agar Kelurahan Foramadahi ini akan dimasukkan dalam kawasan wisata yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf,”ucap Sani saat dikonfirmasi beritadetik.id, Selasa, 13 September 2022.

Menurutnya, Kota Tua ini memiliki syarat karena ada peninggalan sejarah kelam. Makanya Kampung Tua layak di masukan kedalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Saya suda mengelilingi beberapa distinasi wisata di Kota Ternate, dan kesimpulannya adalah Ternate merupakan Kota sejarah yang harus di publikasikan ke mata dunia,
sebab kekayaan alam yang dimiliki sangat luar biasa, “sebutnya.

Lanjut kata Sani, sesuai instruksi Mentri Parekraf Republik Indonesia Sandiaga Uno, bahwa paska covid 19 melanda Indonesia, penting kiranya warga bisa memulihkan ekonominya, salah satunya melalui jalur pariwisata dan ekonomi kreatif.

Terpisah, Kadis Pariwisata Kota Ternate Rustam P. Mahdi, juga mengatakan Kampung Tua tersebut sudah menjadi program Pemkot.

“Dan program itu bakal bersinergi dengan program dari Rumah Sandiaga Indonesia (RSI), “ujarnya.

Untuk itu, lanjutannya, kunjungan RSI ini merupakan tahapan perkenalan terhadap tempat wisata unggulan di Kota Ternate yang dinilai punya potensi meningkatkan UMKM

“Kita dan RSI mengisolasi program untuk kepedulian ekonomi kreatif. Berkerja sama membantu Dinas Pariwisata dalam menempatkan kawasan wisata unggulan yang berada di Kota Ternate, salah satunya adalah Kampung Tua di Foramadahi, Ternate Pulau,”pungkas Rustam. (ian/red).

Peliput: Alfian Hatari
Editor. : Darmawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *