Lagi, Gunung Ibu Halmahera Kembali Erupsi

Foto Irupsi Gunung Ibu
Foto Irupsi Gunung Ibu

Halbar, Beritadetik.idGunung Ibu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara kembali erupsi dengan mengeluarkan asap tebal setinggi 200 meter pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Ibu, Ade menyampaikan erupsi gunung api tersebut terjadi pada pukul 00:45 WIT.

Dijelaskan asap tebal dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.500 m di atas puncak ± 3.825 m di atas permukaan laut.

Bacaan Lainnya

“Saat ini gunung ibu masih dalam status Waspada Level II,”ucap Ade lewat keterangan tertulisnya kepada beritadetik.id, Rabu (10/8).

Aktivitas abu vulkanik Gunung ibu, lanjut dia, akan mengangu aktifitas masyarakat Kecamatan Tabaru Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara.

Kolom abu teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang tebal condong ke arah barat laut.

Asap tebal ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini 90 detik.

Pihaknya mengimbau kepada Masyarakat di sekitar gunung Ibu dan pengunjung wisatawan agar tidak melakukan aktifitas sekitar gunung ibu.

“Kami minta warga termasuk wisawatan agar tidak beraktivitas di dalam radius 3,0 km dan perluasan sektoral berjarak 4,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung Ibu,”ujarnya.

Ade juga menghimbau kepada masyarakat Karena akan terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan masker.(bix/red).

Penulis : Hasbi Salasa
Editor   : Ridho Arief

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *