Status Waspada, Gunung Ibu Halmahera Barat Terus Semburkan Abu Vulkanik

Gunung Ibu Halmahera Barat saat erupsi, Sabtu 14 Mei 2022.(foto : Istimewa).

Jailolo, beritadetik.idGunung Ibu Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara terus mengeluarkan abu vulkanik dan masih dalam status waspada level II.

Meski begitu, erupsi gunung api ini  belum mengganggu aktifitas warga khususnya di Kecamatan Tabaru Halmahera Barat yang perkampungannya berdekatan dengan lokasi gunung tersebut.

Bacaan Lainnya

Amatan beritadetik.id, Sabtu, 14 Mei 2022, erupsi gunung yang terjadi terlihat kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak ± 2.825 m di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 1 menit 16 detik.

Kepala Pelaksana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPBD) Halmahera Barat meminta masyarakat agar tidak beraktifitas di radius 2,0 km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km dari kawah aktif gunung Ibu.

“Saat ini Gunung Ibu masih dalam status Level II Waspada,”imbuhnya.

Ade bilang, aktifitas gunung Ibu belum berdampak pada hujan abu. Meski begitu, pihaknya menyarankan agar masyarakat yang beraktifitas di luar rumah untuk menggunakan masker.(bix/red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.