Gunung Ibu Halmahera Barat Kembali Erupsi

Gunung Ibu Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali erupsi, Kamis 5 Mei 2022.(foto : Istimewa).

Jailolo, beritadetik.id – Gunung ibu di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, kembali erupsi, Kamis 5 Mei 2022, sekira pukul 18:25 WIT.

Pantauan beritadetik.id, tinggi kolom abu teramati ± 1.000 m di atas puncak ± 2.325 m atau permukaan laut.

Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Ibu lewat siaran pers yang diterima media ini dijelaskan, erupsi gunung ibu Halmahera Barat dalam status Level II.

Bacaan Lainnya

Abu fulkanik Gunung akibat erupsi ini sendiri diperkirakan akan menggangu aktifitas masyarakat Kecamatan Tabaru, Kabupaten Halmahera Barat yang jarak pemukimannya berdekatan.

Lebih lanjut pengamatan gunung di wilayah tersebut terlihat Kolom abu teramati berwarna hitam hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut.

Asap tebal ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini ± 3 menit 20 detik.

Masyarakat di sekitar gunung Ibu dan pengunjung wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 3,0 km dan perluasan sektoral berjarak 4,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung Ibu.

Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Ibu sendiri mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut masker.(bix/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *