Tahun Ini Parpol di Halmahera Barat Keciprat Dana Rp 1 Miliar

M. Syarif Ali

Jailolo, beritadetik.id – Jika tak ada aral melintang, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bakal kucurkan dana Rp 1 miliar dari APBD tahun 2022 untuk Partai Politik (Parpol) di wilayah setempat.

Anggaran partai politik sebesar Rp 1 miliar lewat APBD tahun 2022 ini tercatat naik 100 persen dari penetapan dana semula yang hanya  Rp 517 juta.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) M. Syarif Ali mengatakan kenaikan anggaran dana parpol untuk Tahun ini naik, tetapi masi menunggu tanda tangan Bupati, terkait penetapan bantuan dana parpol tersebut.

Bacaan Lainnya

“Penganggaran untuk tahun 2022 berbeda dengan tahun 2021, angaran untuk tahun ini 1 suara 20 ribu sedangkan untuk tahun kemarin 1 suara 9 ribu, faktor yang mendorong naiknya angaran Parpol Halmahera Barat (Halbar) sesuai dengan peran dan fungsi parpol,”katanya.

Syarif menjelaskan, anggaran parpol ini dalam rangka pengembangan pendidikan Partai politik dengan cara partai harus memberikan penyuluhan kepada anggota parpol.

Dia menjelaskan kenaikan anggaran ini sebagai amanat dari Pemerintah untuk meningkatkan pendidikan demokrasi kepada masyarakat.

“Untuk Halmahera Barat, ada 9 parpol yang yang tercatat sebagai penerima dana tersebut,”jelas dia.

“Pembagian dana ini dibenarkan dalam UU Nomor 2 Tahun 1999 tentang Partai Politik, yaitu dalam Pasal 12 ayat 2 yang mengatur bahwa parpol berhak menerima bantuan anggaran tahunan.(bix/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *