Bupati Halmahera Barat Resmi Buka MTQ 2022

Bupati Halmahera Barat, James Uang saat membuka MTQ ke -XXIX tahun 2022, Selasa (22/2).

Jailolo, beritadetik.id – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) ke -XXIX tahun 2022 resmi dibuka Bupati Halbar James Uang, Selasa malam  (22/2/2022).

Pembukaan ini dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Halbar bersama Istri, Kajari, Ketua LPTQ, Kepala Kementrian Agama, TNI/Polri, Anggota DPRD serta ketua PKK dan Ketua MUI di wilayah setempat.

Bacaan Lainnya

MTQ tingkat kabupaten tahun 2022 yang dilaksanakan di Desa Talaga, Kecamatan Ibu Selatan itu, dengan tema “Mendiahi Halmahera Barat Melalui Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Menuju Masyarakat Yang Bermartabat”.

Ketua Panitia MTQ, Martinus Djawa dalam laporannya menyampaikan,  kafilah yang ikut perlombaan dalam MTQ tingkat kabupaten tahun 2022 sebanyak 207 peserta yang berasal dari 8 (delapan) Kecamatan di Halbar.

Dia menjelaskan, jumlah kafilah masing-masing kecamatan, terdiri Kecamatan Loloda dengan jumlah kafilah sebanyak 20 Orang, Kecamatan Ibu 24 orang, Kecamatan Sahu 55 orang, Jailolo selatan 24 orang, Kecamatan Jailolo 28 orang, Jailolo Timur 26 orang, dan Kecamatan Ibu Selatan 32 orang.

Untuk pelaksana mata perlombaan MTQ ke 29, kata Asisten I itu, bahwa ada 15 cabang perlombaan mulai dari Tartil Quran Putra Putri, Tilawah anak-anak kategori Putra- Putri, Tilawah Remaja Putra Putri, Tilawah Dewasa Putra Putri, Hifdil qur’an Golongan 1 juz Dan Tilawah putra Putri.

Lajut Martinus, “perlombaan Hifdil Qura’an Golongan 5 Juz dan tilawa Putra Putri, Hifdil Qur’an golongan 10 Juz Putra Putri, Hifdil quran golongan 20 Juz putra Putri, Hifdil quran golongan 30 Juz putra Putri, Khatil qur’an Golongan Naskah Putra Putri, Khatil qur’an Golongan Hiyasan Mushaf Putra Putri, Khatil qur’an golongan Dekorasi Putra Putri, Khatil qur’an.

Kegiatan MTQ ini dapat menumbuh kembangkan pemahaman dan pengalaman isi kandungan Alqur’an dan tujuan dari pelaksanaan MTQ ini merupakan Seleksi pada kafilah Halbar yang nantinya akan diikut sertakan pada MTQ Tingkat Propinsi Malut, dipusatkan di Kabupaten Pulau Morotai bulan depan,” kata Martinus.

Selaku ketua FKUB Halbar, Martinus memberikan ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati setempat, Camat, Pihak TNI/polri, bersama masyarakat, dan panitia pelaksana MTQ ke 29 atas dukungan mensukseskan pembukaan MTQ Kabupaten di Desa Talaga yang ke 29 ini.

Sementara, Bupati Halbar James Uang pada sambutannya, pelaksanaan MTQ merupakan kegiatan perkembangan kemahiran bidang Al-Qur’an yang sudah menjadi tradisi umat muslim yang dilaksanakan secara nasional, dari pusat sampai daerah secara berjenjang oleh pemerintah.

Bupati juga menyampaikan bahwa ada sisi terpenting dalam Al-Qur’an yang belum banyak dirasakan dalam pentas kehidupan bermasyarakat. Begitupun kitab suci umat beragama lainnya.

Tentunya Al-Qur’an memberi fungsi utama sebagai petunjuk kepada seluruh umat muslim, sehingga ditegaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan menuju jalan terbaik pada umat manusia. Begitupun sebaliknya,” ucap James.

Untuk itu, di zaman penuh tantangan dan problematika kehidupan manusia saat ini, James berharap ke cendikiawan umat muslim agar terus meningkatkan fungsi dalam isi Al-Qur’an. Diamalkan melalui kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

“Saya harap kepada umat muslim untuk tetap bisa mencermati pesan-pesan yang terkandung dalam isi Al-Qur’an itu sendiri. Termasuk bagaimana memahami petunjuk Al-Qur’an tanpa mengabaikan dalam pengembangan positif bermasyarakat, guna tercipta rasa kebersamaan serta mendukung dalam rasa persatuan sesama masyarakat di halbar,” tuturnya.bix/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.