Tingkatkan Infrastruktur dan Ekosistem Kendaraan Listrik, SPKLU Pertama di Ternate Diresmikan

Peresmian SPKLU yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekot Ternate Bapak Hi. Abdullah Hi. M Saleh SStp M.si, Senior Manager Niaga PT PLN (Persero) UIW Maluku dan Maluku Utara Maman Sulaeman dan Manager PT PLN (Persero) UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto.(Foto : Istimewa).
Peresmian SPKLU yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekot Ternate Bapak Hi. Abdullah Hi. M Saleh SStp M.si, Senior Manager Niaga PT PLN (Persero) UIW Maluku dan Maluku Utara Maman Sulaeman dan Manager PT PLN (Persero) UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto.(Foto : Istimewa).

Beritadetik.id – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Minggu (25/9/2023).

SPKLU Kota Ternate ini beralamat di Kompleks Rumah Dinas PLN, Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Kota Baru, Ternate Tengah.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menuturkan, SKPLU ini merupakan yang pertama diresmikan di Kota Ternate.

Bacaan Lainnya

“Kami antusias dengan kemajuan Electrifying Lifestyle di Kota Ternate, akan semakin banyak penggunaan kendaraan listrik. Untuk itu, perlu dibangun infrastruktur yang menunjang agar masyarakat tak perlu khawatir tentang pengisian atau charging jika ingin membeli kendaraan listrik misalnya. Peresmian SPKLU ini juga sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan di HPN 2023 ini,” tutur Awat.

Selaras dengan itu, Senior Manager Niaga PLN UIW MMU, Maman Sulaeman dalam sambutannya mengatakan, peresmian SPKLU ini merupakan bentuk dukungan PLN terhadap upaya Pemerintah dalam hal penggunaan energi yang ramah lingkungan. Selain itu juga, SPKLU hadir untuk memperkuat infrastruktur dan membangun ekosistem kendaraan listrik di Kota Ternate.

“Kami terus mendukung upaya Pemerintah lewat kehadiran SPKLU ini. Masyarakat juga terbantukan dalam pengisian. Penggunaan kendaraan listrik ini terus didorong untuk menciptakan udara sehat. Udara yang bersih perlu kita jaga. Contohnya Jakarta yang saat ini terjadi polusi udara yang sangat buruk, sebagian besar datangnya dari polusi kendaraan, sehingga penggunaan kendaraan listrik seharusnya menjadi salah satu jawaban tepat dalam mewujudkan energi bersih yang menghasilkan udara bersih juga,” tutur Maman.

Dia berharap, dengan adanya SPKLU ini masyarakat Kota Ternate semakin berminat untuk menjalani Electrifying Lifestyle dengan menggunakan kendaraan listrik dan tak perlu khawatir untuk pengisian daya kendaraannya.

Adapun SPKLU Kota Ternate ini berkapasitas daya 82,5 kVA, sehingga membutuhkan sekitar 2 hingga 8 jam untuk pengisian hingga 100 persen atau full dan tergantung pada tipe kendaraan.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Ternate mengapresiasi adanya pengadaan SKPLU di kota tersebut. Sekretaris Kota Ternate, Abdullah Hi. M Saleh menyampaikan, kini masyarakat tak perlu lagi menjalani Electrifying Lifestyle, terutama dalam hal pengisian kendaraan listrik.

“Kita sama-sama berusaha untuk menggunakan energi yang ramah lingkungan melalui penggunaan kendaraan listrik ini. Soal standar keamanan saat pengisian juga sudah tak perlu khawatir, pasti sudah diperhitungkan matang-matang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, tentunya tak hanya peresmian SPKLU saja yang dilakukan, namun PLN beserta Pemerintah Kota Ternate secara bersama-sama melaksanakan konvoi kendaraan listrik menuju landmark untuk melanjutkan rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu senam bersama masyarakat Kota Ternate.

Hal ini menjadi momen yang dimanfaatkan oleh PLN untuk lebih dekat dengan pelanggan dalam suasana HPN 2023.

Di sini, PLN membagi-bagikan doorprize kepada masyarakat yang ikut hadir dan menyemarakkan rangkaian kegiatan peresmian SPKLU pertama pada Provinsi tersebut.(*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *