Tingkatkan Keahlian Petugas, PLN UP3 Tobelo Gelar Upskilling Pelayanan Teknik 

Beritadetik.id – PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo menggelar pelatihan program upskilling bagi Petugas Layanan Teknik (Yantek) dan pemahaman behavior based safety selama dua hari, yakni 16 hingga 17 Juni 2023.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menuturkan, program pelatihan ini rutin dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi petugas Yantek.

Selain itu juga, penting bagi para petugas meningkatkan awareness terhadap pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas di lapangan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan komitmen kami terhadap peningkatan pelayanan PLN kepada masyarakat. Selain itu perlunya memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) maupun keselamatan selama bekerja agar pelayanan bisa lebih berkualitas dan tidak terhambat,” tutur Awat.

Bertempat di kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tobelo, seluruh petugas Yantek di ULP maupun Kantor Pelayanan area kerja UP3 Tobelo terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.
Dalam sesi sharing pun, diakui tak mendapatkan teori secara spesifik.

Dengan adanya pemaparan materi di setiap sesi, diyakini dapat diimplementasikan dengan baik ketika kembali ke unit masing-masing dan bertugas di lapangan.

“Kami melakukan monitoring dan memantau secara ketat pelaksanaan operasional pelayanan teknik. Perbaikan gangguan harus ada percepatan, sehingga hasil rating negatif diupayakan sekecil mungkin dan nihil. Jadi, petugas Yantek harus mengerti dan paham SOP memperbaiki gangguan pada jaringan,”.

Peserta diperkuat dengan pemberian materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pemaparan materi Amanah,Kompeten,Harmonis,Loyal,Adaptif,Kolaboratif (AKHLAK) dan Perilaku Sikap,Senyum,Salam,Sapa (PS4) dan kemudian ditutup dengan Pelaksanaan Praktik Lapangan, yakni pemeliharaan instalasi gardu distribusi portal dan penggantian isolator tumpu.

Di sela-sela kesempatan, Awat selalu mengimbau pelanggan PLN untuk dapat menggunakan Aplikasi PLN Mobile dalam hal melaporkan kejadian gangguan kelistrikan.

Kata dia, dengan penggunaan aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat melaporkan gangguan kelistrikan dan petugas bisa mengetahui lokasi gangguan secara real time.

“Melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat sekarang semakin mudah dalam melaporkan gangguan kelistrikan serta petugas akan selalu siap datang ke lokasi gangguan. Cukup melalui smartphone yang saat ini bisa dimiliki oleh semua orang, pelayanan cepat dan tepat,” pungkasnya.

PLN terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan mengemukakan kemajuan teknologi. Aplikasi PLN Mobile adalah satu bukti dari upaya untuk mendekatkan layanan PLN kepada masyarakat.#adv.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *