Pemkot Ternate Usul Pembangunan Tiga Tower di Batang Dua

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Damish Bashir. (Foto : Alfian/beritadetik.id).
Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Damish Bashir. (Foto : Alfian/beritadetik.id).

Beritadetik.id – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi) mengusulkan 3 tower ke Kementerian Kominfo untuk di bangun di Kecamatan Batang Dua.

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Damish Bashir mengatakan, terkait pendirian tower salah satu menjawab tuntutan masyarakat Batang Dua.

“Pemkot dan provider sudah membuka isolasi di Batang Dua seperti membuka spot gratis di kantor camat dan kantor lurah Bido untuk dapat akses internet berupa main WhatsApp dan video call. Sementara di kelurahan lain masih on proses,”ujarnya, Jumat (19/5).

Bacaan Lainnya

Damish menerangkan, pendirian tower sudah ada upaya ke Kementerian Kominfo melalui BAKTI sebagai mitranya.

Ini akan ditindaklanjuti melalui program Non 3T pada tahun ini tapi kemungkinan realisasi pada tahun 2024.

“Karena tahun kemarin dan tahun ini pihak kementerian baru merealisasikan program 3T itu,”katanya.

Untuk mengantisipasinya, Pemkot juga akan usulkan pembangunan tower pada tahun depan bersama provider (penyedia jaringan internet).

Sekarang ini untuk internet gratis khususnya Pulau Mayau dibeberapa titik sudah mulai aktif yang dapat digunakan walaupun belum ada tower dan untuk kelurahan Bido dan pulau Tifure masih on proses.

“Tifure juga sudah berupaya mencari titik koordinat agar akses jaringan terkoneksi intinya harus menjawab mereka punya permintaan,”ucapnya.

Ia menjelaskan projek Non 3T ini Kementerian sudah mengakomodir, jadi dalam waktu dekat pihaknya akan berangkat untuk lebih memperjelas pendirian tower ini yang di usulkan ke kementerian Kominfo.(ian/red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *