NHM Terus Lakukan Reklamasi dan Revegetasi Lahan Bekas Pertambangan di Gosowong

PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) Halmahera Utara (Halut) terus menggiatkan upaya reklamasi dan revegetasi di lahan-lahan bekas kegiatan pertambangan di Gosowong.
PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) Halmahera Utara (Halut) terus menggiatkan upaya reklamasi dan revegetasi di lahan-lahan bekas kegiatan pertambangan di Gosowong.

Beritadetik id – PT Nusa Halmahera Minerals atau NHM di Kabupaten Halmahera Utara terus melakukan upaya reklamasi dan revegetasi di lahan-lahan bekas kegiatan pertambangan di Gosowong.

Upaya tersebut dilakukan oleh Departemen Lingkungan PTNHM dalam rangka meningkatkan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Langkah ini juga sebagai upaya meningkatkan kapasitas produksi bibit tanaman di Nursery (area pembibitan) dengan melakukan pembangunan perluasan kawasan Nursery.

Bacaan Lainnya

Luas area Nursery dari sebelumnya hanya 450 meter persegi saat ini telah diperluas menjadi 8.250 meter persegi atau 0,825 hektar.

Kegiatan perluasan dilakukan secara bertahap dimulai sejak tahun 2020 dan diperkirakan akan selesai pada Desember 2023 ini.

Disamping itu, proses pembangunan perluasan Nursery ini didukung oleh tim Civil dan tim Batching Plant PTNHM.

Supervisor Reklamasi PTNHM, Agus Zaenal, kepada beritadetik mengungkapkan, pada saat ini suda disediakan puluhan ribu bibit dalam proses penyemaian dan siap dibiakkan di area Nursery tersebut.

“Sekitar 20.000 bibit dalam proses persemaian dan 35.000 bibit siap dibiakkan pada area Nursery,” ungkapnya saat dikonfirmasi via WhatsApp, Sabtu (08/04/2023).

Ia juga mengtakan bahwa, bibit yang disediakan juga bervariasi.

“Jenis-jenis bibit tanaman yang kami sisediakan di area tersebut bermacam-macam, mulai dari tanaman lokal, non-lokal, creeper species, hingga jenis-jenis tanaman Hortikultura,” katanya

Lebih lanjut, dirinya menyampaiakan perluasan terus dilakukan guna meningkatkan ketersediaan bibit untukemenuhi kebutuhan kegiatan yersebut.

“Perluasan area Nursery ini dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan bibit tanaman untuk kegiatan reklamasi dan revegetasi lahan bekas tambang, seiring dengan rencana ekspansi dan pengembangan kegiatan penambangan ke depannya,” tandasnya.

Selain itu, menurutnya bibit-bibit tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan penghijauan untuk sekitar area lingkar tambang sesuai dengan ketersediaan bibit yang ada.

Upaya ini juga merupakan salah satu komitmen Dewan Direksi dan Manajemen PTNHM untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan dalam menjalankan operasi Tambang Emas Gosowong.(adv/fic).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *