Ini Dampak Cuaca Buruk Beserta Angin di Wilayah Morotai

Cuaca ekstrem, foto: (ilustrasi).
Cuaca ekstrem, foto: (ilustrasi).

Beritadetik.id – Cuaca buruk hujan disertai angin kencang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai pada Sabtu, 07 Januari 2023 sekitar pukul 14.00 WIT, sampai dengan 20.00 terus berlangsung.

Hal ini disampaikan Marjun Doa Komando Unit SAR Morotai, terkait dampak cuaca buruk angin kencang yang terjadi di Pulau Morotai.

“Informasi yang diperoleh Unit SAR Morotai siang tadi di wilayah Pulau Morotai masih terjadi cuaca buruk yaitu hujan disertai angin kencang, dan diperkirakan masih terus berlangsung,”ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, Akibat dari cuaca buruk beserta angin kencang itu menyebabkan sejumlah fasilitas umum, bangunan sekolah dan rumah warga rusak.

Fasilitas yang mengalami kerusakan diantaranya:

-Atap penginapan The View Morotai, Desa Darame, Kecamatan Morotai Selatan.

-Atap Sekolah SD Unggulan di Desa Tiley Kecamatan Morselbar.

-1 unit rumah warga Aska Koda di Desa Juanga Morotai Selatan.

-Papan nama Apotik Kimia Farma nyaris roboh di Desa Darame Morotai Selatan.

Kepada seluruh masyarakat Morotai Lanjut Marjun menghimbau, terutama para nelayan, penyediaan jasa transportasi laut dan bagi para pengguna jalan atau masyarakat yang berjalan agar selalu berhati-hati.

“Sebab, kondisi cuaca Morotai saat ini masih belum stabil,”jelasnya.

Terkait kondisi cuaca Morotai sejak 06 Januari 2023 sampai dengan tanggal 07 Januari, tidak ada korban jiwa namun hanya korban material dari beberapa bangunan terbuka di hempas angin kencang.

Ia juga menyarankan, kepada pengguna transportasi laut, darat, udara dan terutama nelayan agar mempedomani himbauan yang dikeluarkan oleh BMKG setempat.

“Instansi terkait dan aparat keamanan agar selalu memonitor aktivitas masyarakat dan memberi himbauan terkait anomali cuaca guna meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan cuaca,”harapnya. (red).

Editor : M. Bahrul Kurung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *