Pembangunan Kantor PDAM Morotai Baru Berjalan 10 Persen, Gegara Masalah Ini

Pembangunan Kantor PDAM di Kabupaten Pulau Morotai, (ul/beritadetik.id).
Pembangunan Kantor PDAM di Kabupaten Pulau Morotai, (ul/beritadetik.id).

MOROTAI, Beritadetik.id – Kantor Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) dibangun 20 Mei 2022 sejak dikeluarkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) oleh Dinas PU Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Pantawan beritadetik.id, pembangunan Kantor PDAM yang berlokasi di Desa Daruba, Kecamatan Morotai Selatan itu sementara ini masih dalam proses pekerjaan.

Diketahui nilai kontraknya Rp. 2.457.359.000.00 (dua meliar empat ratus lima puluh tujuh juta tiga ratus lima puluh sembilan ribu), menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) dengan waktu pelaksanaan 180 hari kalender.

Bacaan Lainnya

Perusahan yang mendapat tender proyek ialah CV. Bina Wiguna sebagai pihak pelaksana dalam pembangunan Kantor PDAM yang meliputi gedung utama, pagar dan bak penampungan air.

Direksi Teknis Pembangunan Muhammad Adhiyama mengungkapkan, untuk progres pekerjaannya sementara baru berjalan 10% dan akan selesai pada taggal 12 November 2022.

Dilanjutkan, pembangunan kantor waktu itu sempat molor akibat warga melakukan pemalangan lantaran Pemerintah Daerah belum membayar lahan mereka.

“Proses pekerjaan memang agak lambat rupanya ada permasalahan lahan, akan tetapi hanya terdapat 3 meter lahan warga yang berada dalam lokasi pembangunan,”kata Adhiyama.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Muhammad Jain menambahkan. Permasalahan lahan itu kemarin dirinya sempat berkoordinasi dengan bagian pemerintahan.

Katanya lanjut Jain, sebelum dibanun kantor PDAM, lahan itu sudah dibayar sejak zaman mantan Bupati Rusli Sibua.

“Lokasi tersebut juga pernah dipagari mengunakan kawat duri. Itu berarti lahan sudah menjadi milik Pemda dan telah selesai dibayar,”tutupnya. (ul/red).

Peliput: M. Bahrul Kurung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *