Banjir Kepung Sejumlah Desa di Bacan Halmahera Selatan, Instansi Terkait Bingung

  • Whatsapp
Banjir yang terjadi di jalan baru Desa Tomori dan belalang Koramil Bacan, Desa Mandaong, Minggu (3/10/2021).

HALSEL – Sejumlah desa di wilayah Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, dilanda banjir pada Minggu (4/10/2021).

Pantauan beritadetik.id, banjir yang terjadi di beberapa titik wilayah Kota Bacan Halsel, terlihat paling parah di lokasi jalan baru Desa Tomori dan di belalang Koramil Bacan, Desa Mandaong.

Bacaan Lainnya

Penyebab banjir terjadi karena dipicu luapan air dari perkampungan penduduk sekitar saat turun hujan di wilayah tersebut. Tak itu saja, buruknya sistim drainase menjadi penyebab luapan air merendam rumah warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Halmahera Selatan, Dahrun Kasuba dikonfirmasi enggan berkomentar banyak.

“Saya ini bingung karena 3 instansi dinas hampir memiliki program yang sama PU punya drainase, PERKIM juga punya dan Bencana juga punya,”ucap Dahrun.

Video Banjir : 

 

Ia mengaku tumpang tindih program antara para instansi teknis itu terlihat di beberapa titik lokasi. “Satu tempat ada bekas tangan perkim yang membuat drainase. Sementara ada program pembangunan drainase juga di tempat itu,”katanya dengan nada kebingungan.

Terpisah Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Ahmad Hadi mengatakan, soal urusan jalan besar dan drainase primer itu bukan tanggung jawabnya.(ben/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *