Temuan Bom Mortir Ukuran 1 Meter Hasil Peninggalan PD II Gegerkan Warga Galela

  • Whatsapp
Temuan Bom berukuran KL 1 meter lebih dengan Berat KL 600 kilogram di Desa Towara Galela.

HALUT || Beritadetik.id — Warga Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara dihebohkan dengan penemuan sejenis Bom Mortir yang diduga peninggalan sisah amunisi perang dunia ke II.

Amunisi perang dunia ke II itu ditemukan pertama kali oleh Raifan Sadek dan Irfan Ngawaro pada saat keduanya melakukan kerja bakti di lapangan bola kaki di Desa Towara, Jumat (26/3/2021).

“Tadi (Jumat,red) sekira pukul 18.00 WIT sore, saya dengan teman saya Irfan kerja bakti di lapangan gawang sedang. Saat proses pembersihan rumput saya melihat ada sesuatu yang tidak biasa. Setelah di kroscek ternyata Bom,”tutur Raifan.

Anggota Polsek Galela saat memasang garis police line dilokasi penemuan Bom Mortir.

Terpisah Kapolres Halmahera Utara melalui Kasubag Humas AKP. Mansur Basing menyampaikan, terkait informasi penemuan Bom di wilayah itu pihaknya sudah melakukan pengecekan di lokasi, hasilnya benar adanya. “Bom yang ditemukan berukuran KL 1 meter lebih dengan Berat Bom KL 600 kilogram,”jelasnya.

Ia mengaku, langkah selanjutnya yang diambil pihak kepolisian setempat melalui Polsek Galela adalah dengan mendatangi dan Menggamankan TKP. “Langkah yang diambil pertama kali adalah koordinasi dengan Unit Jibom Sat Brimob Polda Maluku Utara untuk penanganan mortir tersebut,”katanya.

Menurutnya kondisi fisik Bom yang ditemukan sudah berkarat dan kemungkinan merupakan sisa peninggalan perang. “Saat ini TKP tersebut telah dipasang police line dan di awasi oleh Personil Polsek Galela agar tidak ada warga yang mendekat,”tandasnya.(bur/red).

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *