Kunjungi Warga Korban Bencana di Malut, Ini Janji Mensos

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat memantau Jembatan Tiabo, Galela Utara yang terputus akibat banjir.

HALUT, beritadetik.id – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini memerintahkan Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Frans Manery agar segera mengajukan data kerusakan rumah warga korban bencana banjir ke Kementrian Sosial (Kemensos) dan juga ke Kementrian PUPR.

Perintah Menteri Sosial ini disampaikan saat melakukan peninjauan terhadap para korban banjir di Kecamatan Galela Barat pada Selasa (19/1/2021).

Bacaan Lainnya

Risma bilang, dalam kunjungannya ini, dirinya melihat ada sejumlah rumah warga yang rusak karena bencana banjir yang melanda wilayah setempat. Terkait dengan itu, ia minta Bupati Halut agar segera pengajuan atau melaporkan data kerusakan rumah warga korban banjir dan juga infrastrukur umum lainya yang rusak ke Kementrian Sosial dan juga Kementrian PUPR untuk dibantu.

Kesempatan itu, Menteri yang baru dilantik Presiden Jokowi ini menyempatkan diri berdialog dengan para pengungsi korban banjir asal Desa Roko yang saat ini masih berada di Desa Duma, Kecamatan Galela Barat.

Disatu satu sisi, dalam dialognya dengan warga setempat. Masyarakat dihadapan Menteri Sosial mereka bermohon agar nasib mereka dipikirkan oleh pemerintah untuk direlokasikan ke tempat yang lebih aman dari banjir.

“Terkait aspirasi warga ini, kami siap menindaklanjutinya. Tapi, warga harus bersabar, sebab relokasi ini butuh proses tidak bisa cepat-cepat langsung dilakukan. Melainkan harus melalui prosedur,”ucap Risma.

Untuk diketahui, kehadiran Menteri Sosial di Halmahera Utara sekira pukul 14.30 WIT dengan menumpangi pesawat Air Fast  PK-OCF PT. NHM didampingi rombongan dari Kemensos dan di kawal oleh Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba (AGK), Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan, Kabinda Maluku Utara Brigjen TNI Dudy dan Kejati Maluku Utara Erryl Prima Putra.

Kunjungan itu, Mensos ikut menyerahkan bantuan dana untuk korban bencana alam di Maluku Utara sebesar Rp 1,867 Miliar lebih yang diterima secara simbolis oleh Gubernur Abdul Gani Kasuba. Dan juga menyerahkan dana penaganan untuk korban bencana di Halut Rp 490 juta.(bur).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *