Abaikan Perda, Dishub Ternate Izinkan Pedagang Pulsa Pakai Bahu Jalan 

Mobil penjual pulsa yang terakhir di bahu badan jalan di kawasan Landmark Kota Ternate.(foto : Ian/beritadetik.id).

Ternate – Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol-PP Kota Ternate rupanya tidak sejalan dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) tentang ketertiban umum di wilayah Kota Ternate.

Hal ini karena Dishub Ternate secara terang-terangan mengizinkan kembali mobil penjual pulsa dengan  menduduki bahu jalan di kawasan taman Nukila dan juga di depan taman Fitnes Kota Ternate yang sebelumnya dilakukan penertiban oleh pihak Satpol-PP.

Kabid Angkutan Darat dan Terminal Dishub Ternate, Abd Hakim Rizal di konfirmasi mengakui kebijakan mengizinkan pelaku usaha yang berjualan menggunakan mobil di beberapa titik di pusat Kota Ternate saat ini.

Bacaan Lainnya

“Kalau dalam Perda yang mengatur tentang ketertiban umum itu memang PKL tidak bisa atau dilarang beraktifitas memakai bahu jalan”akunya saat di konfirmasi beritadetik.id, Selasa (24/05/2022).

Menurutnya, petimbangan Dinas Perhubungan mengizinkan para pelaku usaha menempati bahu jalan  karena faktor kemanusiaan.

“Kami mengizinkan mereka untuk jualan di bahu jalan itu karena atas pertimbangan kemanusiaan,”katanya.

Terkait izin yang diberikan, lanjut dia, bahwa pihaknya sudah membuat kesepakatan dengan para pedagang agar dalam melakukan aktifitas berjualan tetap memperhatikan ketertiban.

“Kami dan para para pelaku usaha mobil pulsa sudah ada kesepakatan untuk berjualan di tiga titik seperti di depan taman Nukila, Taman Fitnes dan Taman Toboko,”akunya.

Di tempat terpisah, sejumlah pengguna jalan menilai sikap Dinas Perhubungan dalam mengizinkan para penjual pulsa memakai bahu jalan di pusat Kota Ternate adalah keputusan yang merugikan banyak orang.

“Kebijakan Dishub tersebut sebagai bukti Instansi terkait tidak konsisten dalam menegakkan Peraturan daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2014 tentang ketertiban umum,”ucap Mail, warga Ternate.(ian/red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *