Cerita Kuburan Masal di Danau Tolire Ternate

  • Whatsapp
Lokasi Danau Tolire, Ternate.|| Foto : (Adityaspermana).

B-detik.ID – Selain kaya akan rempah-rempah, Pulau Ternate juga dikenal sebagai Pulau yang memiliki keberagaman tradisi dan budaya yang diwariskan secara turun-temurun. Salah satu kisah rakyat Ternate yang menjadi legenda dan dikenang hingga masa kini adalah Cerita Asal-usul terjadinya Danau Tolire.

Danau itu dulu sebuah kampung. Namun hilang tenggelam bersama penduduknya. Peristiwa tenggelamnya Kampung itu menurut cerita disebabkan karena kutukan Tuhan.

Bacaan Lainnya

Tolire sendiri saat ini masuk wilayah pemerintah Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate. Di tempat wisata yang satu ini, hampir setiap saat dikunjungi wisatawan Nusantara dan Mancanegara.

Kepada media ini, Idhar Anwar, Penjaga Danau Tolire, mengisahkan, tenggelamnya Kampung Tolire akibat ulah dari penduduknya yang membiarkan pemimpin mereka kala itu memiliki hubungan inses dengan putrinya.

Perbuatan itu dalam suatu hari, lanjut Idhar, datanglah malapetaka yang menyebabkan Kampung Tolire tenggelam.

“Keberadaan dua danau dengan nama Tolire Besar dan Tolire Kecil adalah wujud dari perbuatan ayah dan putri kandungnya. Kalau Tolire Besar itu bapaknya. Tolire Kecil itu anak gadisnya,”ucap Idhar yang juga Tokoh adat Kesultanan Ternate, Maluku Utara.

Dikatakan, saat malapetaka yang terjadi di kampung tersebut. Kini Tolire selain dikenal sebagai Kampung Kuburan Massal, juga didalamnya terdapat Buaya Putih yang masih hidup sampai sekarang.

“Danau Tolire Besar adalah sebuah kuburan massal. Sehingga bagi Anda yang akan berkunjung ke danau itu harus membersihkan diri lebih dulu,”ujarnya.

Danau Tolire Besar ini sendiri terdapat aroma mistik tercampur haru. Sepintas melihat keindahannya, di sana ada aura lain yang seketika tampak lalu menghilang misterius.

“Kalau Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil terdapat beberapa ekor buaya. Mahluk misterius, salah satunya berwujud buaya putih,”tutur Fanyira, mengisahkan.

Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil merupakan satu dari sekian banyak destinasi wisata yang berada di kaki gunung gamalama, bagian Kecamatan Ternate Barat, Ternate, Maluku Utara.

Untuk anda para pengunjung, baik wisatawan Nusantara atau Mancanegara, di Danau Tolire Besar anda akan melihat kota berbentuk bulat kerucut dengan warna airnya kehijauan.

Tebing danau itu sangat dalam dan tepiannya melengkung ke dalam. Jika berdiri di tepian Danau Tolire Besar, terlihat jelas kawah Gunung Api Gamalama. Letak Danau Tolire Besar sekitar 300 meter dari bibir pantai Kelurahan Takome. Sedangkan letak Danau Tolire Kecil sekitar 7 meter dari bibir pantai setempat.

Menurut Fanyira, kedalaman Danau Tolire Besar 45 meter dari permukaan air. Sedangkan luas danau berdasarkan hitungan GPS adalah 50.000 meter persegi. Kedalaman bagian pinggiran danau itu bervariasi, sekitar 7-8 meter.

Fanyira yang sudah dua kali turun ke dalam Danau Tolire Besar, mengatakan dinding yang mengelilingi danau tersebut seluruhnya dilapisi batu-batu besar.

Legenda dan keindahan alam Danau Tolire menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke sana. Sayangnya, potensi pariwisata yang ada belum dikembangkan secara baik menjadi salah satu destinasi wisata.

Danau Tolire Versi Ahli Geologi

Ahli Geologi Maluku Utara Dedy Arif mengemukakan, tenggelamnya Kampung Tolire karena akibat dari aktivitas vulkanik Gunung Api Gamalama, sehingga menyebabkan terbentuknya danau yang dikenal dengan nama Tolire itu.

Secara geologi, Dedy menjelaskan, terbentuknya danau itu karena gempa tektonik besar yang terjadi sekitar September 1775. Gempa tersebut memicu erupsi hingga terjadi letusan Gunung Api Gamalama pada 7 September 1775.

“Gempa tersebut katanya menenggelamkan Kampung Tolire. Penduduk maupun bangunan di kampung itu semuanya terkubur di kawah danau,”kata Dedy.(*/red).

Penulis : Hairil & Ridho Arief

Pos terkait

Screenshot_2021-08-16-16-18-33-23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *